Pertunjukan Boneka Tertua di Indonesia

Pertunjukan boneka ini tidak kalah menarik Jual Boneka Wisuda Doraemon dari pertunjukan boneka di belahan dunia beda. Wayang adalah warisan budaya tertua di Indonesia yang unik.

Pertunjukan Tertua

Wayang adalah seni pertunjukan tertua di Indonesia, terlebih di Jawa serta Bali. Pertunjukan wayang pada intinya nyaris sama juga dengan pertunjukan drama boneka yang lain. Tapi, ada yang unik dari pertunjukan ini. Pemirsa wayang melihat beberapa gerakan peraga atau boneka lewat bayangan yang jatuh dari balik monitor. Tersebut asal mula nama wayang, yang datang dari wewayangan, berarti bayangan.

Mulai sejak Jaman Dulu

Pertunjukan ini telah ada mulai sejak jaman pemerintahan Prabu Airlangga (976-1012 SM), Raja Kahuripan, Jawa Timur. Lalu seni wayang berkembang sesuai sama budaya setempat. Hal semacam ini berjalan sepanjang beratus-ratus tahun. Alat peraga serta langkah pertunjukannya juga turut berkembang. Jadi beberapa jenis wayang juga jadi bermacam. Salah nya ialah wayang kulit.

wayang
Wayang Kulit, Sumber Photo : Explore-Id
Wayang Kulit

Dalam pertunjukan wayang kulit, ada sehelai kain monitor tidak tebal yang membatasi dalang serta pemirsa, namanya kelir. Oh iya, dalang yaitu orang yang menggerakkan wayang serta melantunkan narasi. Dibalik kelir, ada lampu minyak yang menyinari hingga membuat bayangan wayang di monitor. Pertunjukan ini disertai oleh nyanyian gending dan musik gamelan. Wayang kulit terbuat dari kulit kerbau yang diukir serta diwarnai sesuai sama ciri-khas sang tokoh.

Warisan Dunia

Cerita-cerita wayang bersumber dari karya sastra India, yakni Ramayana serta Mahabarata. Lalu bebrapa cerita ini diadaptasi sekali lagi kedalam budaya serta ajaran di Indonesia. Pada 7 November 2003, UNESCO mengambil keputusan wayang jadi pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, satu warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).



Sandingkan dengan Aksesoris
Pontianak Usaha Senin, 4 January 2016 11 : 42


DIPAJANG : Jejeran boneka-boneka terpajang rapi di almari Toko Stanley. MARSITA/PONTIANAK POST
Berita Berkaitan
MERAPIKAN : Karyawan di Toko Boneka Kartini tengah membuat serta membereskan boneka-boneka sesudah di pilah-pilih konsumen. MARSITA/PONTIANAK POST
Dahulu Pengecer, Saat ini Jadi Agen
Kesempatan Menjanjikan dari Usaha Bonek
BONEKA dapat juga disandingkan dengan penjualan bermacam barang yang lain. Satu diantaranya aksesori. Pengunjung mempunyai macam barang yang dapat diambil. Ini juga yang tampak di Toko Aksesori Stanley, Jalan Camar Pontianak.

Mariana (33 th.), karyawan di Toko Stenley, ini menyebutkan dari waktu ke waktu, penjualan boneka alami penambahan. Terutama type boneka sekarang ini lebih beragam. “Tiga th. melayani customer, bermacam type boneka yang terjual. Paling laku itu hello kitty serta doraemon. Di sini sich ada bermacam type boneka. Rata-rata yang ciri-khas, ” terang dia.

Tidak susah untuk dia untuk mempromosikan boneka yang di jual. Terlebih toko itu juga jual bermacam type aksesori sebagai incaran. “Karena di sini banyak juga jual aksesori, jadi pengunjung yang datang itu dapat sekalian beli boneka atau demikian sebaliknya, ” papar dia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Beragam Cerita Misteri di Balik Kartun Doraemon

Boneka Teddy Bear waktu dijemur

Predikat Cum Laude Bukanlah Semuanya. Kerjakan 7 Hal Ini Agar Tidak Nganggur Habis Wisuda